Berita

Berita Thumbnail
Kamis, 12 Januari 2023

PKM Pendampingan dan Pelatihan Implementasi Teknologi Tepat Guna

Program Insentif Pengabdian kepada Masyarakat Terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka berbasis kinerja Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan judul “Pendampingan dan Pelatihan Implementasi Teknologi Tepat Guna yaitu Mesin Pembuat Pelet Pakan Ikan bagi Kelompok Pembudidaya Ikan Air Tawar di Kelurahan Jatibening Baru Kota Bekasi”.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dosen Teknik Industri Ibu Dr. Pudji Astuti, M.T. dan Ibu Dr. Ir. Nora Azmi, M.T., I.P.M. dan Dosen Teknik Mesin Bapak Daisman P.B Aji., Ph.D dan Bapak Ir. Tono Sukarnoto, M.T.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menerapkan teknologi tepat guna hasil riset dosen dan memberikan pengalaman mahasiswa dalam menerapkan IPTEK bagi pemberdayaan masyarakat, dan memberikan pelatihan mengenai pembuatan campuran bahan pelet pakan ikan, proses pencetakan pelet pakan ikan menggunakan mesin jenis horizontal dan vertikal, serta penjelasan mengenai business model canvas untuk produk ikan air tawar. Selanjutnya, dilakukan praktik pembuatan pelet pakan ikan menggunakan dua mesin yang sudah disiapkan.
Di akhir kegiatan, setelah peserta memahami proses pengoperasian mesin dan pembuatan pelet, dilakukan serah terima dua unit mesin pencetak pelet pakan ikan untuk kelompok Pembudidaya Ikan Air Tawar RW 04 Kelurahan Jatibening, Bekasi.

“Semoga kegiatan PKM ini memberikan manfaat positif khususnya bagi masyarakat pembudidaya ikan air tawar di RW 04 Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi,”.

Floatin Button