Magang Industri

Magang Industri

DESKRIPSI

Magang merupakan praktik kerja di perusahaan, lembaga pemerintah, lembaga internasional, lembaga swadaya masyarakat, dan lain sebagainya, yang menitikberatkan pada aplikasi/implementasi teori yang didapatkan di dalam proses perkuliahan. Magang bertujuan untuk memberikan refleksi dan pengalaman praktis dari teori-teori yang telah dipelajari di perkuliahan, keterampilan umum dan khusus di dunia kerja, internalisasi sikap profesional dan budaya kerja, dan juga memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir melalui magang.

 

TUJUAN dan LINGKUP KEGIATAN MAGANG

Secara khusus tujuan Magang berdasarkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka jurusan Teknik Industri adalah sebagai berikut:

  1. memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa untuk melakukan pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning). Sistem pembelajaran, konversi mata kuliah dan sistem penilaian dilakukan berdasarkan kesepakatan antara jurusan dengan institusi mitra.
  2. memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mendapatkan hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dll) maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dll).
  3. memberikan kesempatan bagi industri untuk mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung direkrut, sehingga mengurangi biaya recruitment dan training awal/induksi

Sedangkan lingkup kegiatan magang meliputi:

  1. Kegiatan magang memberikan kesempakatan bagi mahasiswa yang memenuhi syarat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran diluar program studi hingga 6 bulan lamanya dengan pengakuan dan konversi sesuai pedoman konversi mata kuliah.
  2. Kegiatan magang dapat dilakukan di instansi pemerintah/perusahaan swasta mitra kerjasama yang telah memiliki MoU dengan jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti maupun yang bukan, yang mana mitra tersebut relevan dengan bidang keilmuan teknik industri.
  3. Pekerjaan yang diikuti mahasiswa magang harus relevan dengan keilmuan Teknik Industri yang meliputi bidang manufaktur dan jasa serta manajemen.

SKEMA PROGRAM

Skema program magang kampus merdeka di Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti terdiri atas dua jalur :

  • Program Magang Eksternal

Program ini merupakan program magang Kampus Merdeka yang difasilitasi oleh Kemendikbud melalui Magang | Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (kemdikbud.go.id) dan atau program magang kampus merdeka yang diinisiasi industri/institusi. Magang Eksternal ini dilakukan dengan mengikuti prosedur dan program yang berlaku di Kemendikbud dan atau industri/institusi dimana magang dilaksanakan. Keluaran dari program ini adalah laporan kegiatan magang yang dievaluasi oleh instansi tempat magang dan jurusan, serta rekognisi mata kuliah yang relevan untuk konversi kredit magang sesuai dengan ketentuan jurusan Teknik Industri.

  • Program Magang Internal

Program ini merupakan program Kampus Merdeka yang difasilitasi oleh Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti melalui kerjasama dengan beberapa industri/instansi. Magang ini dilakukan dengan mengambil mata kuliah yang relevan untuk konversi kredit magang sesuai dengan ketentuan jurusan Teknik Industri. Keluaran dari program ini adalah laporan kegiatan magang yang dievaluasi oleh instansi tempat magang dan jurusan melalui dosen pembimbing.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  • Meningkatnya kapasitas keilmuan dan keterampilan mahasiswa sebagai hasil refleksi praktis teori perkuliahan.
  • Terbentuknya profesionalisme mahasiswa dan kesiapan memasuki dunia kerja.
  • Masa tunggu lulusan yang singkat untuk memasuki dunia kerja

Panduan Magang Industri MBKM – Teknik Industri Usakti