Green Technopreneurship

Green Technopreneurship

Program Green Technopreneurship merupakan bentuk MBKM program studi Teknik Industri Universitas Trisakti untuk mengembangkan minat mahasiswa menjadi wirausaha berbasis teknologi dengan memperhatikan aspek “green business”. Wirausaha konvensional umumnya cenderung hanya memperhatikan pada faktor ekonomi yang menanggung risiko finansial saja. Sementara itu, perkembangan dan perubahan lingkungan mengarahkan dunia agar mampu mengkolaborasikan aspek bisnis dan lingkungan melalui konsep “green economy”. Pelaku bisnis diharapkan dapat memperhatikan sepenuhnya aspek sosial, lingkungan, dan ekonomi agar dapat mencapai pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Kewirausahaan yang hijau dan berbasis teknologi atau Green Technopreneurship menggunakan dasar konsep green economy dengan memperhatikan keseimbangan antara aspek ekonomi, lingkungan dan masyarakat dalam berwirausaha.

Dengan adanya kebijakan Kampus Merdeka yang telah diluncurkan oleh Mendikbud merupakan kesempatan bagi program studi Teknik Industri, khususnya terkait salah satu capaian pembelajaran lulusan untuk bidang technopreneurship untuk dapat mengembangkan model pembelajaran sekaligus praktek yang akan lebih komprehensif dan kolaboratif. Mahasiswa sebagai target utama program ini diharapkan dapat menghasilkan green business model yang dapat mengembangkan aktivitas bisnisnya dengan menghasilkan produk dan jasa yang memiliki nilai proporsi ekonomi, lingkungan dan sosial lebih baik. Program ini akan mempercepat lulusan Teknik Industri untuk berprofesi sebagai Green Technopreneur sesuai dengan salah satu Profil Profesional Mandiri Prodi TI. Green technopreneurship merupakan salah satu roadmap ke depan yang ingin dicapai oleh Prodi Teknik Industri dan sesuai dengan visi Universitas Trisakti dalam mewujudkan konsep Green.

  • Mitra Green Technopreneurship

Program Green Technopreneurship akan berkolaborasi dengan sejumlah mitra dari perusahaan, pelaku bisnis, dan lembaga teknologi. Bentuk kolaborasi mitra dalam program ini adalah sebagai mentor, narasumber, penilai usaha, pembuatan prototype, serta investor pada ide bisnis yang potensial. Program Green Technopreneurship akan menghadirkan mentor profesional yang telah berpengalaman dan ahli dibidangnya. Mahasiswa dapat berkonsultasi, berdiskusi, serta bertukar pikiran untuk menemukan solusi dari masalah yang ada. Berikut mitra program Green Technoopreneurship:

  • Mekanisme Sosialisasi dan Seleksi Peserta Green Technopreneurship

Sosialisasi Program Green Technopreneurship akan dilakukan oleh Prodi dalam bentuk seminar. Dalam pertemuan tersebut akan dipaparkan mengenai deskripsi program, mitra program, mekanisme program, dan seleksi peserta program. Selain itu juga akan disertai talkshow bersama narasumber – narasumber dari mitra program.

Proses seleksi peserta Program Green Technopreneurship dilakukan melalui seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Adapun syarat peserta yang akan mendaftar Program Green Technopreneurship adalah bagai berikut:

  1. Mahasiswa aktif semester 6
  2. Memili IPS ≥ 3,0
  3. Mengisi KRS  untuk MK program Green Technopreneurship*
  4. Mendaftar melalui link
  5. Sudah mengambil MK Anbi, Ektek, dan OMPI
  6. Lolos seleksi

* KRS di isi sesuai mata kuliah program green technopreneurship sesuai pesebaran mata kuliah di semester 6 & 7

* Selain mata kuliah terkait program green technopreneurship, mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah lain sesuai dengan maksimal jumlah SKS yang dapat di ambil pada semester tersebut

  • Rekognisi Mata Kuliah untuk Program Green Technopreneurship

Program Green Technopreneurship dapat direkognisi dengan beban 20 sks yang tersebar dalam dua semester yaitu 11 sks di semester 6 dan 9 sks di semester 7. Berikut adalah mata kuliah yang akan direkognisi dalam program Green Technopreneurship:

Semester 6

No

Mata Kuliah Jumlah SKS

1

Perancangan dan Pengembangan Produk

2

2

Analisis dan Perancangan Perusahaan

3

3

Kewirausahaan Berbasis Teknologi

3

4

Lean Start Up Enterpreneurship

3

Total SKS

11

Semester 7

No

Mata Kuliah

Jumlah SKS

1

Perancangan Industri Manufaktur dan Jasa

2

2

Sistem Lingkungan Industri

2

3

Sistem Rantai Pasok

2

4

Manajemen Pemasaran

3

Total SKS

9

  • Program Green Technopreneurship pada Semester Genap 2021/2022

Program Green Technopreneurship merupakan program pembinaan dan inkubasi untuk usaha rintisan mahasiswa Teknik Industri Universitas Trisakti yang dilaksanakan selama 2 semester dengan target adalah mahasiswa semester 6 dan 7. Program Green Technopreneurship Teknik Industri Usakti mengusung produk berkonsep Green dengan karakteristik resource efficiency dan prevent waste & emission. Program ini menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team based project). Adapun bentuk kegiatan MBKM Green Technopreneurship adalah sebagai berikut:

> Kegiatan di Semester 6:

  1. Enrichment 8 MK
  2. Workshop
  3. Ideation
  4. Mentoring
  5. Co-working
  6. Networking
  7. Validation solution
  8. Prototype

> Kegiatan di Semester 7:

  1. Incubation
  2. Launch
  3. Partnership