Laboratorium Sistem Produksi

Laboratorium Sistem Produksi

Laboratorium Sistem Produksi menyelenggarakan praktikum, yaitu : Praktikum Gambar Teknik, Praktikum CAD, Praktikum Teori Kontrol dan Pengantar Otomasi, Praktikum Robotika & FMS, Praktikum Production Planning & Inventory Control, Praktikum Perancangan Tata Letak Pabrik.
A. Praktikum Gambar Teknik
Praktikum Gambar Teknik merupakan praktikum yang mendukung mata kuliah Menggambar Teknik (IMG244), dengan materi praktikum mengenai bagaimana menggambar produk sesuai dengan aturan gambar teknik dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi.
B. Praktikum CAD
Praktikum CAD merupakan bagian dari Praktikum Perancangan Industri Manufaktur II (IIP222), dengan materi praktikum menggambar suatu rancangan produk dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi dengan menggunakan software AutoCad serta mengembangkan rancangan detail produk berdasarkan kreatifitas praktikan untuk memaksimasi penggunaan perintah pada AutoCad.
C. Praktikum Teori Kontrol & Pengantar Otomasi
Praktikum Teori Kontrol & Pengantar Otomasi merupakan bagian dari Praktikum Perancangan Industri Manufaktur II (IIP222), dengan materi praktikum mengenaldan memahami actuator dan Kontroller untuk mendesain sistem otomasi pada industri manufaktur. Materi ini akan diberikan lebih lanjut pada Mata Kuliah Pilihan Sistem Manufaktur Terotomasi (IIP334).
D. Praktikum ROBOTIKA & FMS
Praktikum ROBOTIKA & FMS merupakan bagian dari Praktikum Perancangan Industri Manufaktur II (IIP222), dengan materi praktikum membuat rencana kerja dan program sebuah operasi dengan menggunakan robot Fisher Teknik, serta mengembangkan bahasa program untuk menjalankan mesin secara terotomasi (part programming).
E. Praktikum Production Planning & Inventory Control
Praktikum PPIC merupakan bagian dari mata kuliah Perencanaan dan Pengendalian Produksi I dan II, dengan materi praktikum membuat peramalan permintaan produk untuk beberapa periode yang akan datang,menentukan kebutuhan sumber daya produksi, membuat perencanaan produksi agregat, melakukan proses disagregasi untuk memperoleh jadwal induk produksi, melakukan pengecekan terhadap jadwal induk produksi dengan menggunakan Rough Cut Capacity Planning, membuat perencanaan kebutuhan material, melakukan pengecekan terhadap plan order release dengan menggunakan Capacity Requirement Planning, melakukan penjadwalan mesin untuk membuat produk pesanan, merancang keseimbangan lini perakitan.
F. Praktikum Perancangan Tata Letak Fasilitas
Praktikum Perancangan Tata Letak Fasilitas merupakan bagian dari Praktikum Perancangan Industri Manufaktur III (IIP132), dengan materi praktikum merancang tata letak suatu pabrik baik secara manual maupun komputerisasi terdiri dari :
  • Assembly chart, Waktu Baku, OPC, Routing Sheet
  • MPPC, Kebutuhan Jumlah Mesin, Luas Lantai Produksi & Gudang
  • MHPS Produksi, GKP, GBP, FTC Biaya, FTC Inflow/Outflow, Luas Material  Handling
  • Skala Prioritas, ARD Produksi
  • Struktur Organisasi, Job Description, Luas Kantor & Plant Service
  • AAD Produksi & Gudang, ARC Pabrik
  • Skala Prioritas Pabrik & ARD Pabrik
  • AAD Pabrik, Denah Kantor, MHES
  • Template & Presentasi
G. Praktikum Proses Manufaktur
Praktikum Proses Manufaktur merupakan bagian dari mata kuliah Proses Manufaktur dan Praktikum (IIP321).Selain kegiatan praktikum, diselenggarakan pula kegiatan penelitian, dan pelatihan :1. Penelitian :
Penelitian dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Industri untuk Tugas Akhir, selain itu dilakukan penelitian oleh dosen yang hasilnya dipublikasikan di Proceeding Seminar, Proceeding Simposium maupun Jurnal Teknik Industri.
2. Pelatihan :
Pelatihan yang dilaksanakan meliputi :
  • Pelatihan AutoCad
  • Pelatihan AIMMS
  • Pelatihan Perencanaan dan Pengendalian Produksi
  • Pelatihan Aplikasi Matlab
3. Kerjasama :
Kerjasama dilakukan dengan FESTO untuk penggunaan peralatan laboratorium, pelatihan manajemen persediaan dengan PT. Kayaba Indonesia, pengabdian kepada masyarakat dengan PT. Bekaert dan pengelola Jababeka.
Kerjasama juga dilakukan dengan PT Komatsu Indonesia dalam hal penelitian dosen dan mahasiwa. Selain itu Lab. Sistem Produksi juga telah beberapa kali melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat di PT Komatsu Indonesia.
4. Seminar : Seminar Nasional Facilities Planning
5. Lomba : Lomba Facilities Planning
6. Lokakarya : Lokakarya Facilities PlanningStruktur Organisasi Laboratorium Sistem Produksi
Kepala Laboratorium Sistem Produksi  : Amal Witonohadi, ST, MT
Koordinator Praktikum Otomasi Sistem Produksi : : Amal Witonohadi, ST, MT
Ka. Praktikum CAD / CAM : Idriwal Mayusda, ST. MT
Kordinator Praktikum Otomasi Sistem Produksi  : : Amal Witonohadi, ST, MT
Ka. Praktikum Menggambar Teknik : Amal Witonohadi, ST, MT
Ka. Praktikum Proses Manufaktur : Debbie Kemala Sari, ST, MBA,MT
Koordinator Praktikum Perancangan Pabrik : Dr. Iveline Anne Marie, M.T.
Ka. Praktikum Peranc. Tata Letak Pabrik : Emelia Sari, ST, MT, Ph.D
Ka. Praktikum PPIC : Dr. Rahmi Maulidya, S.T., M.T. 
Ka. Praktikum ROBOTIKA dan FMS : Dr. Ir. Docki Saraswati, M.Eng 
Anggota Laboratorium : Prof. Dadan Umar Daihani, DEA
Prof. Parwadi Moengin, PhD
Dr. Tiena G. Amran, MSc
Ir. Didien Suhardini, Ph.D
Ir. Sumiharni Batubara, MSc.
Dr. Ir. Nora Azmi, MT.
Dian Mardi Safitri, ST, MT
Agung Sasongko, ST, MM
Novia Rahmawati, ST, MT, MBA

Sekretariat : 
Gd. F&G Lt. 2 & 5, Kampus A USAKTI