Sambutan Ketua Program Studi Teknik Industri

Sambutan Ketua Program Studi Teknik Industri

Dr. Ir. Rina Fitriana, ST. MM. IPM. ASEAN Eng.

Assalamua’laikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

Selamat datang di Jurusan Teknik Industri FTI Universitas Trisakti. Jurusan Teknik Industri FTI Universitas Trisakti sudah terakreditasi Unggul BAN PT dan berakreditasi internasional IABEE Accredited. Jurusan Teknik Industri FTI Universitas Trisakti telah berusia 40 tahun pada tahun 2024 dan telah menghasilkan lebih dari 6900 Lulusan yang telah sukses di Industri manufaktur dan jasa. Jurusan Teknik Industri mendapatkan Hibah IABEE (Indonesia Accreditation Board for Engineering Education) pada tahun 2020 dan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) pada tahun 2021 dan tahun 2022. Dari pendanaan ini Jurusan Teknik Industri dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti pertukaran pelajar, magang industri dan green technopreneurship. Publikasi ilmiah dan peningkatan kompetensi  dosen juga dapat ditingkatkan. Peningkatan kerjasama dengan industri, Perhimpunan Ergonomi Indonesia, BKSTI (Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia), BKTI PII (Badan Kejuruan Teknik Industri Persatuan Insinyur Indonesia), ISTMI (Ikatan Sarjana Manajemen Industri) dan ISLI (Institut Supply Chain dan Logistik Indonesia).

Saat ini Program Studi S1, S2 dan S3 Teknik Industri FTI Universitas Trisakti telah memperkuat pengembangan keilmuan Teknik Industri di Indonesia.

Pengembangan kurikulum telah dilakukan dengan rancangan yang berbasis Outcome Base Education (OBE) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Upaya mewujudkan semua upaya perbaikan merupakan suatu pekerjaan yang berat, yang memerlukan tekad kuat disertai dengan tindakan yang sungguh-sungguh, dari semua pemangku kepentingan. Oleh karena itu Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti berusaha untuk mencapai hal-hal sebagai berikut:

  • Terbentuknya reputasi Jurusan Teknik Industri sebagai brand image yang terkemuka di masyarakat
  • Mempertahankan akreditasi Unggul BAN PT dan mempertahankan akreditasi internasional IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) General pada program studi Teknik Industri
  • Melakukan riset yang terintegrasi antara Program Teknik Industri dan Magister Teknik Industri
  • Tercapainya komposisi mahasiswa Teknik Industri yang sesuai untuk mendukung iklim entrepreneurial university
  • Penerapan merdeka belajar kampus merdeka pada Prodi Teknik Industri
  • Peningkatan prestasi mahasiswa dan peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa
  • Peningkatan program kerjasama dengan industri, Perhimpunan Ergonomi Indonesia, BKSTI (Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia) dan BKTI PII (Badan Kejuruan Teknik Industri Persatuan Insinyur Indonesia)

 

Menyadari bahwa upaya untuk mewujudkan hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat menantang dan memerlukan tekad yang kuat disertai dengan upaya dan tindakan yang sungguh-sungguh dari semua pihak. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan memudahkan pencapaiannya. Aamiin

Akhirnya, kami dari jajaran pimpinan Jurusan Teknik Industri FTI Universitas Trisakti mengharapkan dukungan, kritik, saran, dan masukan dari semua pihak, demi suksesnya pelaksanaan Pendidikan yang telah disusun dalam Kurikulum Teknik Industri.

Floatin Button
Floatin Button