Tentang Kami

button-twitter.png button-facebook.png

Sejarah

 

 

1. SEJARAH SINGKAT

1.1.        Perkembangan Disiplin Ilmu Teknik Industri

Disiplin Ilmu Teknik Industri pada awalnya dikembangkan oleh beberapa individu yang berusaha mencari metoda atau cara untuk meningkatkan produktivitas kerja melalui sistem kerja yang lebih efektif dan efisien dengan mengkaji interaksi kerja antara manusia dan mesin sebagai suatu sistem terintegrasi.
 
Lebih dari satu abad silam teori scientific management menghasilkan suatu paradigma baru ketika beranjak dari ekonomi agragris menuju ekonomi industri. Pada dasarnya prinsip-prinsip scientific management yang diterapkan melalui studi perancangan kerja, seperti work study dan work design masih tetap dilaksanakan oleh para sarjana teknik industri hingga saat ini, walaupun dilakukan dalam nuansa yang jauh berbeda. Pada hakekatnya sejarah perkembangan disiplin teknik industri erat kaitannya dengan disiplin teknik mesin, terutama yang berkaitan dengan sistem produksi. Perkembangan kegiatan industri dan teknologi pada akhirnya mendorong kebutuhan baru akan suatu disiplin yang mampu menangani sistem manufaktur secara luas. Sejalan dengan hal inilah disiplin teknik industri terus berkembang dan menjadi disiplin yang sangat dibutuhkan sejak era milenium kedua.
 
Industri memiliki pengertian yang sangat luas, dilihat dari segi keluarannya industri dapat dikelompokkan atas dua kategori yaitu industri yang menghasilkan produk (manufacture) dan industri jasa (service) yang tidak menghasilkan produk. Ditinjau dari aspek proses penambahan nilai tambah (added value), industri dibedakan atas industri dasar/hulu dan industri hilir. Industri hulu banyak berhadapan dengan persoalan-persoalan teknis, keluaran yang dihasilkan biasanya masih berupa bahan baku atau barang setengah jadi sebagai bahan masukkan bagi industri lainnya. Industri hilir lebih dekat kepada pemakai akhir (end-user), sehingga aspek yang paling menonjol pada industri ini adalah aspek-aspek ekonomis dan pemasaran. Selanjutnya, dalam memecahkan berbagai permasalahan industri, disiplin teknik industri selalu melihat dari dua sisi yaitu yang berkaitan dengan permasalahan teknis (engineering) dan non-teknis (ekonomis). Oleh karena itu wawasan ‘tekno-ekonomi’ akan selalu mewarnai perkembangan pendidikan Teknik Industri. Institute of Industrial Engineering – IIE mendefinisikan Teknik Industri sebagai berikut :
 
Industrial Engineering is concerned with the design, improvement and installation of integrated system of people, information, equipment, and energy. It draws upon specialized knowledge and skills in the mathematical, physical and social sciences, together with the principles and methods of analysis and design to specify predict and evaluate the results to be obtained from such system.
 

1.2.   Perkembangan Program Studi Teknik Industri, Universitas Trisakti.

 
Program Studi Teknik Industri merupakan salah satu Program Studi yang bernaung dibawah Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti. Program Studi Teknik Industri berdiri atas dasar surat keputusan Kopertis Wilayah III No. 007/KOP/III/S/84 pada tanggal 17 Mei 1984. Status ‘Terdaftar’ diperoleh pada tahun 1987, berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0827/0/1987. Empat tahun kemudian, dengan diterbitkannya SK Menteri Depdikbud No. 0643/0/1991, Program Studi Teknik Industri memperoleh status ‘Diakui’. Selanjutnya, pada tanggal 16 Agustus 1993, dengan SK Dirjen DIKTI No 494/DIKTI/Kep/1993 diperoleh status ‘Disamakan’.
 
Pada tahun 1998, sebagai hasil evaluasi lima tahun pertama yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), Program Studi Teknik Industri memperoleh Sertifikasi dengan Akreditasi A Plus (Pembina). Hal ini tertuang dalam SK BAN Perguruan Tinggi No. : 001/BAN-PT/Ak-1/VIII/1998, tertanggal 11 Agustus 1998. Berdasarkan hasil evaluasi lima tahun kedua yang dilakukan oleh BAN Perguruan Tinggi, Program Studi Teknik Industri memperoleh Sertifikasi dengan Akreditasi A (Sangat Baik). Hal ini tertuang dalam SK BAN Perguruan Tinggi No. 012/BAN-PT/Ak-1/S1/VII/2003, tertanggal 9 Juli 2003.  Pada tanggal 21 Agustus 2009, Program Studi Teknik Industri memperoleh Sertifikasi dengan Akreditasi A sebagai hasil evaluasi lima tahun ketiga yang dilakukan oleh BAN Perguruan Tinggi dan tertuang dalam SK BAN Perguruan Tinggi No. 009/BAN-PT/Ak-SURV-I/S1/VIII/2009, tertanggal 21 Agustus 2009.
Program studi Teknik Industri memperoleh Akreditasi A sebagai hasil evaluasi lima tahun keempat yang telah ditetapkan oleh BAN Perguruan Tinggi dan tercantum dalam SK BAN Perguruan Tinggi No. 199/SK/BAN-PT/AkSURV/S1/VII/2014, tertanggal 12 Juli 2014 dan berlaku sejak 13 Desember 2013 sampai dengan 13 Desember 2018. 
Saat ini Program studi Teknik Industri memperoleh Akreditasi A yang telah ditetapkan oleh BAN Perguruan Tinggi dan tercantum dalam SK BAN Perguruan Tinggi No. 1613/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018, berlaku sejak 26 Juni 2018 sampai dengan 26 Juni 2023. 

Program Studi Teknik Industri FTI Universitas Trisakti telah mendapatkan Akreditasi IABEE (Indonesian Acreditation Board for Engineering Eduation) Provisional berdasarkan SK IABEE No. 91/PII-IABEE/XII/2018. Berlaku sejak tanggal 11 Desember 2018

Hingga akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019, Program Studi Teknik Industri, Universitas Trisakti telah memiliki alumni sebanyak 5871 orang, sedangkan mahasiswa yang terdaftar (aktif pada semester Ganjil 2018/2019) sebagai mahasiswa Program Studi Teknik Industri, saat ini berjumlah 681 mahasiswa.
 

1.3.        Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Teknik Industri

 
Sejalan dengan visi Universitas Trisakti, untuk “Menjadi Universitas Terkemuka Bermutu Internasional Dalam Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Peradaban, maka Visi Program Studi Teknik Industri, Universitas Trisakti adalah :
 
Menjadi Program Studi Teknik Industri yang andal, berstandar internasional dan menjadi pusat pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan Teknik Industri yang berwawasan Technopreneurship untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
 
Melalui visi ini diharapkan Program Studi Teknik Industri dapat menjadi ujung tombak pengembangan insan Teknik Industri Indonesia yang memiliki wawasan technopreneurship serta wawasan kebangsaan sehingga mampu memperkuat ketahanan nasional. 
 
Mengacu pada visi diatas, Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti, memiliki Misi :
1.    Menyelenggarakan pendidikan program Sarjana Teknik Industri yang berstandar internasional.
2.    Menghasilkan lulusan yang berpengetahuan Teknik Industri, berbudi luhur sesuai trikrama Trisakti dan berwawasan technopreneurship.
3.    Melaksanakan penelitian dan publikasi karya ilmiah bertaraf nasional dan internasional sebagai hasil kinerja dosen dan mahasiswa.
4.    Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan Teknik Industri untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sebagai hasil kinerja dosen dan mahasiswa.
5.    Memberdayakan, mengembangkan dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam kegiatan tridharma Perguruan Tinggi.
 
Tujuan Program Studi Teknik Industri adalah :
1.      Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan ke-teknik industrian dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan trikrama Universitas Trisakti serta berwawasan technopreneurship.
2.      Menghasilkan penelitian yang didanai baik dari dalam maupun luar universitas dan publikasi ilmiah yang bertaraf nasional dan internasional
3.      Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang produktif serta didanai baik dari dalam maupun luar universitas
4.      Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi dan kompetensi Internasional
 
Sasaran Program Studi Teknik Industri adalah :
1.    Meningkatnya pemahaman Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Renstra dan Renop Jurusan oleh pemangku kepentingan untuk dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan program studi.
2.    Mempertahankan Akreditasi A standar BAN PT, dan percepatan perolehan ke arah sertifikasi IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education)
3.    Meningkatnya lulusan Teknik Industri yang berbudi luhur sesuai Trikrama Trisakti dan berwawasan technopreneurship.
4.    Meningkatnya lulusan yang mempunyai integritas (etika dan moral), keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme), memiliki kemampuan berbahasa Internasional, menggunakan teknologi informasi, berkomunikasi, kerjasama tim, dan pengembangan diri yang sangat baik.
5.    Meningkatnya jumlah publikasi ilmiah Nasional dan Internasional
6.    Meningkatnya jumlah dan kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat
7.    Meningkatnya jumlah dosen bersertifikat pendidik, bergelar Doktor, Lektor Kepala, berjenjang jabatan akademik Guru Besar, serta tenaga kependidikan yang terampil, profesional dan bersertifikat.
 
 
 
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti

icon-twitter.pngRecent Tweets

Jadilah bagian dari kebaikan. Tetap berpeganglah pada nilai-nilai mulia: #TakwaTekunTerampil #AsahAsihAsuhhttps://t.co/TpkCnAf5l7
Senin, 23 Sep 2019 15:03
Keluarga Besar Universitas Trisakti turut berduka atas wafatnya Ibu Ratna M Berliana Sitinjak (Ka Subag Dosen Tidak… https://t.co/c5NSBnXjVS
Rabu, 18 Sep 2019 17:05
#Obituari: Innalillahi wa inna ilaihi rooj'iun. Telah berpulang ke Rahmatullah dan dimakamkan pada hari : Kamis 12… https://t.co/qnzdVSsNSU
Rabu, 18 Sep 2019 17:05
#usakti UKM Bola Voli Trisakti 👏👏👏 https://t.co/rjVwU5CaIh
Senin, 16 Sep 2019 01:01
Jangan lewatkan ONE ON ONE @OfficialMNCNews bersama Ketua Pansel Capim KPK (@KPK_RI) Minggu, 15 September 2019 puku… https://t.co/4DVMa79NdL
Minggu, 15 Sep 2019 07:07
Come n Join us di Camp Penyambutan Mahasiswa/i Baru 2019 @poutri_trisakti, dgn tema : 🎭 MADE FOR MORE🎯 📆 : Jumat-Mi… https://t.co/vCoVpNcrfW
Minggu, 15 Sep 2019 06:06
UKM Islam Hudzaifah Trisakti (@ukm_hudzaifah) Proudly Present Sekolah Pra-Nikah & Parenting "Half a Deen "Madrasah… https://t.co/MfzOh2Zdgc
Minggu, 15 Sep 2019 06:06
Keluarga Besar Universitas Trisakti menyampaikan duka yg mendalam atas wafatnya Presiden ketiga RI, BJ #Habibie Rep… https://t.co/Nzi4pp04Aa
Rabu, 11 Sep 2019 18:06
Selamat & Sukses sebagai Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Universitas Trisakti kepada Ibu Dr.… https://t.co/ItnGiVVrXo
Selasa, 3 Sep 2019 17:05
Kepala Staf Kepresidenan @Dr_Moeldoko di Universitas @trisakti_: Mahasiswa Tak Cukup Pandai, Tapi Harus Berideologi… https://t.co/Aum2VJ6MUb
Kantor Staf Presiden
Minggu, 18 Agu 2019 17:05
Rektor Usakti Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, https://t.co/5bfSRED6pg., Ph.D. "Th 2045 Indonesia akan mjd negara terh… https://t.co/MJtR6yahwd
Minggu, 18 Agu 2019 22:10
Universitas Trisakti mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Taqobbalallahu minna wa minkum… https://t.co/9YB0MSYg4Z
Minggu, 11 Agu 2019 14:02
Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun. Keluarga Besar Universitas Trisakti turut berduka cita. Almarhum @Sutopo_PN adal… https://t.co/Sl50frvt1X
Minggu, 7 Jul 2019 06:06
Ralat: PMB Hari Sabtu tetap buka
Selasa, 4 Jun 2019 14:02
Keluarga Besar Universitas Trisakti mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Taqobbalallahu minna wa minkum… https://t.co/mKIB22b7kD
Selasa, 4 Jun 2019 13:01
Kegiatan KAMPUS LIBUR (31 Mei s.d. 15 Juni 2019). Penerimaan Mahasiswa Baru TETAP BUKA (*) KEMBALI MASUK pd Senin… https://t.co/dmmCuesAHN
Sabtu, 1 Jun 2019 10:10
Kamis 30 Mei 2019, Hari Kenaikan Isa Almasih. https://t.co/uCp5JodWgt
Kamis, 30 Mei 2019 10:10
Updated > Informasi terbaru yang diterima: FEB memberikan kabar yang sama dengan FK, FKG, FTI, FTSP, FH, FTKE, FSRD… https://t.co/hhcsC61wfh
Kamis, 23 Mei 2019 06:06
Informasi terbaru yang diterima: FK, FKG, FTI, FTSP, FH, FTKE, FSRD, FALTL USAKTI telah diliburkan. Penjelasan lebi… https://t.co/7lbmfuwH6D
Kamis, 23 Mei 2019 00:12
Info untuk sivitas akademika dan Keluarga Besar Universitas Trisakti: Kamis, 23 Mei 2019 dinyatakan sebagai Hari Li… https://t.co/AcrkPxw5po
Rabu, 22 Mei 2019 21:09

icon-fb.png Recent Posts

Guru Besar

Prof. Parwadi Moengin PhD. Fakultas Teknologi Industri

Nama : Parwadi Moengin NIP/NIK : 2126/USAKTI Tempat/Tgl Lahir : Grobogan, 10 Juni 1966 Jenis Kelamin : Laki-laki Status Perkawinan…

Hubungi Kami


Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232
Fax: (62-21) 564 4270
Email: humas@trisakti.ac.id

Alumni